Bahaya Anak Suka Tertelan Pasta Gigi

Bahaya Anak Suka Tertelan Pasta GigiGigi susu pada anak awalnya tumbuh saat usia telah memasuki 6 sampai 7 bulan, munculnya gigi susu biasanya ditandai dengan badan demam, air liur sering keluar, serta kebiasaan anak sering menggigit mainan atau benda yang dipegang. Masa awal tumbuh kembang anak wajib mendapat perhatiaan dari orangtua. Asupan nutrisi yang lengkap harus selalu diperhatikan oleh para orangtua agar sesuai dengan kebutuhan anak. Perawatan gigi anak tidaklah semudah pada orang dewasa, karena gigi sulung/ susu dan permanen tentu saja berbeda. Mulai dari ukuran, warna, serta strukturnya, sehingga gigi susu jauh lebih mudah mengalami kerusakan.

Pasta gigi atau yang lebih kita kenal sebagai odol merupakan bahan yang mengandung berbagai senyawa fluoride yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan menjadikan gigi lebih putih. Saat ini pasta gigi tidak hanya berwarna putih saja namun telah banyak jenis pasta gigi dengan berbagai warna dan rasa buah seperti jeruk, anggur, apel, stroberry, dll yang lebih utamanya ditujukan untuk anak-anak. Dengan banyaknya varian rasa pada pasta gigi diharapkan anak-anak agar tidak malas lagi  untuk menyikat gigi.

BAHAYA ANAK SUKA TERTELAN PASTA GIGI

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para orangtua saat anak sedang menyikat gigi yaitu kebiasaan anak yang suka menjilat bahkan menelan odol yang ada pada sikat gigi. Kandungan fluoride yang berlebihan pada pasta gigi bukannya akan membuat gigi semakin putih dan bersih, tetapi dapat menyebabkan noda putih pada gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan. Selain itu jika bahaya bila anak menelan pasta gigi dalam jumlah yang besar maka akan menyebabkan efek pada lambung anak yang ditandai dengan rasa mual dan muntah, diare, malaise, cepat lelah, sulit bernafas bahkan kejang-kejang.

Berikut ini beberapa tips dalam menjaga kesehatan gigi anak agar anak aman menyikat giginya, diantaranya adalah:

•    Pilihlah sikat gigi yang berukuran kecil dengan bulu halus yang sesuai dengan anak

•    Gunakan pasta gigi dengan mengandung fluoride di bawah 500ppm, perhatikan pada kemasan pasta gigi.

•    Berikan odol yang sebesar biji jagung pada sikat gigi anak

•    Mendampingi anak pada saat menyikat gigi

•    Memberikan contoh cara menyikat gigi yang benar kepada anak

•    Bila anak telah mulai menelan odol segerakanlah anak untuk berkumur

•    Biasakan anak untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari yakni pagi hari dan sebelum tidur

•    Jangan lupa untuk memberikan ucapan atau hadia kepada anak karena telah pintar dan rajin menggosok gigi.

Semoga bermanfaat…..!!!!!

© 2017 Area Kesehatan. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by TeguhDepp ·
You might also likeclose