Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Dengan Cepat

CegukanCara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Dengan Cepat – Cegukan merupakan hal yang biasa dialami oleh seseorang, dan kebanyakan orang tidak menganggapnya suatu hal yang serius dan tidak dapat membahayakan bagi kesehatan. Jika cegukan terjadi pada orang dewasa cara mengatasinya hanya cukup dengan menahan nafas beberapa detik saja. Lalu bagaimana jika cegukan terjadi pada bayi?

Jika bayi cegukan sebenarnya permasalahannya sama saja, namun yang berbeda adalah cara mengatasinya. Ketika bayi Anda mengalami cegukan sebenarnya hal itu normal dan wajar terjadi sebagai tanda bahwa dia sedang mengalami pertumbuhan, asal cegukan yang dialami tidak menganggu aktivitasnya, seperti tidur dan makan.

Cegukan biasanya sembuh dengan sendirinya ketika bayi sedang tidur, namun jika ingin mengatasinya berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan lebih cepat seperti berikut ini :

  • Ketika dia cegukan saat sedang menghisap susu, maka mengatasinya Anda hanya perlu merubah posisi menyusui dan terus susui hingga cegukannya hilang.
  • Perhatikan, saat Anda sedang menyusuinya apakah dia dalam kondisi tenang atau malah terlihat begitu semangat yang mengakibatkan udara masuk ke diafragma saat ia menyusui.
  • Cek juga posisi Anda saat menyusui. Posisi menyusui yang benar adalah puting susu dan areola tepat berada dalam mulut bayi, tubuh bayi lurus dengan tangan ibu, dan posisi perut bayi sejajar dengan perut ibu.
  • Jika cegukan yang dialami bayi masih terus terjadi, maka kegiatan menyusui bayi coba Anda hentikan dulu. sandarkan bayi kebadan Anda dengan posisi kepala berada di bahu, lalu pukul punggungnya secara perlahan dengan lembut. Tindakan ini dapat membantu untuk mendorong udara keluar dan menghentikan cegukan. Setelah cegukan telah berhenti atau hilang, maka Anda bisa menyusuinya kembali.
  • Bila bayi Anda minum susu melalui botol, maka perhatikan apakah botol susunya mempunyai regulator dan lubang. Pilihlah botol susu yang memiliki lubang dot lebih kecil agar bayi dapat mengatur nafasnya saat sedang menyedot susu sehingga ia tidak mengalami cegukan.
  • Bila bayi sudah mempunyai makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah yang sedikit dan secara perlahan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk mengatasi cegukan pada bayi meskipun hal ini normal yang dialami oleh sang bayi serta tidak mengganggu kesehatan bayi.

Semoga Bermanfaat..!!!

© 2017 Area Kesehatan. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by TeguhDepp ·
You might also likeclose