Gejala Umum Penyakit Serangan Jantung yang Wajib Diwaspadai

Gejala Serangan JantungCiri dan gejala serangan jantung barangkali berbeda bagi setiap orang dan tidak selalu sama. Oleh karena itu bagi penderita terkadang tidak mengetahui tentang gejala Serangan Jantung yang dialaminya. Untuk mengetahui secara jelas tentang gejala serta bagaimana proses awal terjadinya seseorang mengalami serangan jantung, simak ulasan singkat mengenai gejala umum penyakit serangan jantung yang wajib diwaspadai.

Berbeda dengan organ tubuh lainnya, jantung memerlukan oksigen yang cukup, dimana oksigen diperoleh dari aliran arteri koroner ke otot jantung. Karena itu penyebab seperti kelebihan berat badan, kolesterol tinggi, diabetes, penumpukan plak dll, berpotensi seseorang terkena serangan gangguan jantung.

Adanya penumpukan plak mengakibatkan penebalan pada arteri sehingga saluran darah menjadi sempit. Nah, ada kemungkinan plak mudah pecah, maka pembentukan gumpalan darah bisa saja terjadi. Akibatnya aliran darah menjadi berkurang dan jaringan otot jantung akan terganggu hingga sel-sel jantung perlahan akan mati atau terjadi gangguan fungsi.

Hal lain yang bisa terjadi jantung tidak dapat menerima darah yang kaya akan oksigen sehingga serangan jantung pun dapat terjadi. Tapi umumnya serangan jantung di awali oleh beberapa gejala yang kemungkinan dialami si penderita.

Gejala Terjadinya Serangan Jantung

Menurut para ahli, Serangan jantung banyak dialami oleh pria yang berusia 45 tahun keatas akan tetapi tidak berarti usia muda tidak akan terkena penyakit jantung hal ini bisa juga terjadi. Sedangakan pada perempuan, kebanyakan terjadi setelah usia 50 keatas terlebih yang sudah menopause. Sama halnya pada pria serangan jantung bisa juga terjadi pada usia muda.

Rasa Nyeri Di Dada

Rasa nyeri didada merupakan salah satu gejala serangan jantung. umumnya terasa sangat ringan dan berlangsung hanya sebentar saja kemudian perlahan hilang dengan sendirinya.

Sering gelisah dan jantung terasa berdebar-debar ada kemungkinan juga dapat terjadi dan hal ini biasanya di sepelekan orang bahkan cenderung diabaikan, dengan beranggapan gejala ini terjadi karena gangguan pencernaan atau kecemasan.

Nyeri Tubuh Bagian Atas

Gejala berikutnya yang mungkin terjadi adalah terkadang mengalami nyeri pada daerah atas seperti nyeri leher, rahang, punggung, gigi, atau lengan yang nampaknya menjadi gejala umum.

Nyeri Perut

Salah satu gejala yang biasa terjadi adalah rasa nyeri di perut. Namun, banyak yang menyepelekan gejala ini sehingga tidak memeriksakannya ke dokter. Ketika terjadi serangan jantung, maka tekanan yang tadinya di dada akan turun ke perut bagian atas, sehingga mengakibatkan rasa sakit dan mulas pada perut.

Sesak Nafas

Sesak napas disertai nyeri di dada adalah salah satu tanda-tanda peringatan serangan jantung. Mungkin orang akan mencoba dengan menghirup napas dalam-dalam karena kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan darah menuju ke jantung akibat pembuluh darah koroner tersumbat.

Berkeringat dan Mual

Gejala lainnya adalah sering keringat dingin sehingga kulit terasa lembab. Perasaan mual dan muntah bisa juga terjadi. Pada kasus lain, sebagian orang merasa pusing bahkan pingsan setelah rasa pusing beberapa menit sebelumnya.

Merasa Cemas dan berdebar-debar

Gejala lainnya yang kebanyakan orang rasakan adalah rasa cemas selama serangan jantung berlangsung, seakan-akan mengalami kepanikan. Namun, dianjurkan selama serangan jantung berlangsung, cobalah untuk santai, rileks dan mengurangi gerakan tubuh yang berat.

Serangan jantung bisa terjadi tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Maka, gejala umum serangan jantung yang wajib diwaspadai bisa dijadikan wawasan pengetahuan agar segera mencari bantuan medis sebelum makin parah.

© 2017 Area Kesehatan. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by TeguhDepp ·
You might also likeclose