Segudang Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Khasiat Brokoli, Manfaat BrokoliBrokoli adalah salah satu jenis sayuran berdaun hijau tua yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat populer di seluruh dunia yang banyak digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan. Sayuran ini bisa dimakan mentah secara langsung atau dimasak, namun cara terbaik untuk mendapatkan khasiat yang lebih dari kandungan pada brokoli adalah dengan mengkonsumsinya secara mentah sebagai salad, karena yang hal ini akan membantu melindungi nutrisi di dalamnya.

Brokoli telah lama dipercaya sebagai salah satu jenis sayuran dengan manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Kandungan gizi dari brokoli dapat membantu untuk meningkatkan kandungan zat besi, protein, kalsium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C yang ada dalam tubuh. Manfaat brokoli juga mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk melawan berbagai penyakit dan infeksi pada tubuh.

Beberapa ini, kandungan dan manfaat brokoli bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

Sifat Anti Kanker.
Menurut sebuah hasil penelitian menyatakan dengan memperbanyak konsumsi brokoli dan sayuran hijau lainnya akan membantu mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Karena kandungan antioksidan yang banyak terkandung dalam brokoli. Studi juga menunjukkan bahwa brokoli dapat mengurangi risiko tubuh terserang penyakit kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker paru paru dan usus besar.

Sifat Anti Penuaan.
Kandungan vitamin E yang ada pada brokoli juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Memperlancar Pencernaan.
Brokoli yang kaya akan serat, bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan dan bekerja mencegah terjadinya sembelit.

Bertindak Sebagai Detoxifier.
Kandungan vitamin C dan asam amino yang tinggi dalam brokoli sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Hal Ini dapat membantu tubuh untuk menangkal dan menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.

Mengontrol Gula Darah.
Kandungan kromium yang terdapat dalam brokoli, sangat baik dalam membantu mengatur insulin dan mengontrol tingkat kadar gula darah dalam tubuh.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
Brokoli merupakan sumber vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada brokoli dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Penglihatan yang Sehat.
Kandungan beta-karoten yang terdapat dalam brokoli dapat membantu melindungi kesehatan mata dan juga dapat mencegah mata katarak.

Melindungi Kulit dari Radiasi UV.
Senyawa sulforaphane yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk melindungi kulit dan mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh pancaran radiasi UV.

Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis.
Kandungan kalsium, seng, magnesium dan fosfor, yang ada dalam brokoli tersebut dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan tidak mudah keropos. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita dewasa yang rentan terhadap osteoporosis.

Mencegah Anemia.
Zat besi dan asam folat yang terdapat dalam brokoli dapat membantu tubuh mencegah penyakit anemia kekurangan zat besi.

Mempertahankan Kehamilan yang Sehat.
Brokoli merupakan sumber folat yang sangat baik dalam membantu mencegah terjadinya cacat saraf pada janin. Semua wanita memerlukan asupan rutin folat selama kehamilan.

Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer.
Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan diet tinggi folat dapat mencegah tubuh berisiko terserang penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan zat ini.

Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi.
Brokoli kaya akan serat, kromium, dan potasium, yang baik dalam membantu mengatasi kadar kolesterol pada tubuh dan juga mengendalikan tekanan darah.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung.
Karotenoid lutein ditemukan dalam sayuran brokoli dapat mencegah terjadinya penebalan pada dinding arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.

Diet Berat Badan.
Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena brokoli sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet.

Semoga bermanfaat….!!!

© 2017 Area Kesehatan. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by TeguhDepp ·
You might also likeclose