Tips Mengatasi Kuku Mengelupas dan Penyebabnya

Kuku MengelupasTips Mengatasi Kuku Mengelupas dan Penyebabnya – Pengelupasan lapisan permukaan kuku dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor genetika , infeksi jamur, maupun karena faktor lingkungan yang tidak sehat. Pengelupasan kuku ini umumnya lebih banyak dialami oleh para wanita dibandingkan pria. Kondisi ini biasanya muncul pada saat kuku kehilangan kelembabannya dan sangat kering.

Pada kondisi kuku yang sering basah atau sangat kering dapat mengakibatkan lapisan permukaan kuku menjadi rapuh, tipis dan mudah mengelupas. Selain itu, penggunaan cat kuku yang mengandung bahan aseton juga dapat membuat lapisan permukaan menjadi rapuh dan pecah-pecah.

Perlu Anda ingat bahwa dalam beberapa kasus, pengelupasan kuku dapat disebabkan karena faktor tubuh yang kekurangan gizi seperti kadar zat besi yang rendah, kekurangan asupan vitamin C dan vitamin B, dan beberapa gizi lainnya. Untuk mengatasi hal ini Anda cukup melakukan diet sehat agar gizi tubuh terpenuhi dan membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkelupas.

Pada kondisi lain, pengelupasan kuku juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun kronis, kondisi kulit yang kering dan infeksi. Beberapa penyebab diatas bukan hanya membuat kuku menjadi terkelupas namun juga dapat membuat lapisan permukaan kuku menjadi tipis dan lemah.

Dan pada beberapa wanita menopause juga sering mengalami kuku mengelupas sebagai akibat dari faktor gangguan hormonal tubuh. Ketidakseimbangan hormon tubuh, diabetes dan atau gangguan tiroid serta kehilangan kelembaban kuku juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kuku mengalami pengelupasan.

Cara mengatasi pengelupasan lapisan kuku, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu:

1. Mencegah kuku terkena paparan sinar matahari dan air yang berlebihan. Namun, jika pekerjaan yang Anda lakukan harus berhubungan dengan air maka Anda bisa memakai sarung tangan karet.

2. Menjaga kebersihan kuku dan selalu merapikan kuku dengan cara memotongnya jika sudah panjang. Namun, jika kuku Anda telah terlanjur lemah, rapuh atau mengelupas maka untuk sementara waktu Anda harus menghindari melakukan manikur hingga kuku Anda sehat dan kuat kembali.

3. Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya gizi. Cara lain untuk mengatasi kuku yang terlanjur mengelupas adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung biotin. Atau cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan seperti lentil, kacang-kacangan dan kembang kol atau mengkonsumsi suplemen biotin 2,5 miligram setiap harinya sampai kuku Anda benar sehat dan tidak mengelupas.

4. Melakukan diet sehat dan seimbang yang terdiri dari lemak ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, makanan yang kaya zat besi, yodium, kalsium dan vitamin (Vitamin A, B dan C ) sangat eferktif dalam memperbaiki kondisi kuku yang telah terlajur mengelupas.

Nah, itulah informasi tentang penyebab kuku terkelupas dan cara untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat…!!!

© 2017 Area Kesehatan. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by TeguhDepp ·
You might also likeclose